Rabu, 28 Januari 2015

lukisan aliran realisme dan deskripsinya

Seni rupa aliran realisme, cek jika anda butuh :) 




" The Third Class Carraige " Honore Daumier (1862)

Deskripsi : Salah satu karya terbaik Daumier yang adalah  "The Third Class Carraige" yang menggambarkan sebuah pemandangan yang miris ketika sekelompok keluarga petani miskin melakukan perjalanan di sebuah kereta, bersama anak-anaknya yang masih kecil berdesak-desakan dengan para penumpang lain disebuh gerebong kereta api Perancis kelas tiga, kelas para buruh petani yang penuh sesak sesak. Rasa simpati yang mendalam terhadap penderitaan orang-orang itu diungkapkan secara karikatural. Para petani tampak terpenjara dalam keterasingan dan kelas sosial yang mengukung mereka dan penderitaan itu.
Komentar :Lukisan ini sangat menarik tetapi menunjukkan seorang wanita yang sedang menyusui tidak memakai baju. Satu hal yang saya merasa kasihan, para petani itu seperti tersiksa berada di kereta itu.





" The Stone Breaker " Gustave Courbet (1849)

Deskripsi : Lukisan Courbet yang pertama " The Stone Breaker " (1849) mengandung ciri-ciri pokok yang menentukan konsep Realisme Courbet. Tema yang menggambarkan lelaki tua dan lelaki muda yang sedang bekerja di jalan, merupakan lukisan yang didasarkan pada pengamatan nyata oleh Courbet. Ia mendatangkan mereka untuk berpose di studionya. Ia kemudian menciptakan adegan yang menggambarkan lelaki yang terlalu tua dan terlalu muda untuk jenis pekerjaan itu. Karya Courbet tersebut dikritik berbau " sosialistik" pada masa itu.

Komentar : Lukisan ini mempunyai daya tarik bagi yang mempunyai rasa seni yang tinggi, dan sepertina jika dijual pun harganya cukup tinggi.










" A Burial at Omans" Gustave Courbet (1849-1850)
Deskripsi ;  Karya Courbet yang lain misalnya " A Burial at Omans" (1849-1850). Lukisan ini menampilkan karya yang tidak lazim tetapi diambil dari kenyataan. Sekelompok petani sedang berduka di sekeliling makam. Ia menggambarkan petani yang nampak haru dan situasi yang membosankan. Courbet menyajikan lukisan tersebut pada kanvas yang besar 300x660 cm. Ukuran seperti ini biasanya di sediakan untuk menggambarkan peristiwa sejarah. Courbet mengingatkan kita bahwa kehidupan petani juga berhak mendapat perhatian dari masyarakat banyak.

Komentar : Lukisan dengan situasi yang haru, para petani yang menangis karena kepergian seseorang. Lukisan inipun mengingatkan kita bahwa kita mati tidak membawa apa-apa, kita hanya membawa apa yang telah kita perbuat selama kita hidup di dunia.






Keluarga Berencana – Basuki Abdullah
“Realisme Natural”
Deskripsi : Basuki Abdullah yang berjiwa romantis, melukis kuda pun menjadi cantik. Kesan beauty tersirat dari perindahan bentuk dan pemilihan warna yang cemerlang. Keindahan pada sebahagian besar lukisan Basuki Abdullah merupakan keindahan yang estetis obyektif  ringan yang terkadang hampa dari pendalaman ekspresi. Judul lukisan “Keluarga berencana”, dengan teknik cat minyak di atas kanvas. Berukuran 200 x 90 cm dengan media oil canvas dan dibuat pada tahun 1975 dengan media water colour on paper. Lukisan ini bermakna yaitu sosok keluarga berencana  dari kuda yang cantik tersebut yang sangat sedang bahagia.
 

Komentar : Lukisan ini sangat bagus bahkan jika di jualpujn harganya cukup tinggi.  Karena lukisan ini  di lukis menggunakan cat minyak dan hasilnya pun bagus sekali.




THANK YOU :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar